Peta konsep patogenesis dan patofisiologi obesitas

Konsep Dasar Patofisiologi

Pada umumnya tekanan darah meningkat bersama dengan meningkatnya umur. Akibatnya terjadi gejala-gejaia khas DM seperti poliuri, polidipsi, polipagi, lemas, berat badan menurun. Hipervolemia menyebabkan curah jantung meningkat dan mengakibatkan hipertensi.

Penyakit-penyakit yang menyertai obesitas pada orang dewasa seperti DM tipe 2, hipertensi, hiperlipidemi, penyakit kantong empedu, Non Alcoholic Steatohepatitis, sleep apnea dan komplikasi-komplikasi ortopedik juga mulai meningkat prevalensinya pada anak-anak dan remaja.

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa IMT tidak dapat menunjukkan derajat kegemukan yang sama pada populasi yang berbeda. You are on page 1of 39 Search inside document mengenai fungsifungsi yang mengalami gangguan atau fungsi-fungsi yang berubah akibat proses penyakit Analisis dampak penyakit terhadap pemenuhan KDM penting dalam menganalisa masalah keperawatan yang muncul dapat memberikan intervensi keperawatan yang tepat keadaan normal dapat dijelaskan sebagai sebuah nilai rata-rata dari berbagai variasi pengukuran keadaan normal tidak ditentukan dengan sebuah nilai absolut tetapi berdasarkan rentang nilai tertentu.

Tanda dan gejala hipertensi Pada pemeriksaan fisik, tidak dijumpai kelainan apapun selain tekanan darah yang tinggi, tetapi dapat pula ditemukan perubahan pada retina, seperti perdarahan, eksudat kumpulan cairanpenyempitan pembuluh darah, dan pada kasus berat, edema pupil edema pada diskus optikus.

Pemantauan tekanan darah dan pengaturan gaya hidup tetap dilakukan karena penyakit tersebut dapat terjadi lagi.

HIPERTENSI DAN OBESITAS PADA ANAK Bagian Ilmu Kesehatan ...

Penyakit tulang, sendi dan kulit Obesitas disertai dengan peningkatan risiko osteoartritis, yang terjadi akibat beban berat badan yang disanggah oleh persendian. Sindrom Dismetabolik Dikenal juga dengan sindrom metabolik atau sindrom resistensi insulin atau sindrom X yang merupakan kumpulan faktor-faktor risiko metabolik untuk terjadinya Penyakit Jantung Koroner.

Hal tersebut diharapkan dapat menunda pemberian terapi farmakologis. Variasi ini umumnya terjadi pada batas tertentu. Pada sebagian besar penderita obesitas terjadi resistensi leptin, sehingga tingginya kadar leptin tidak menyebabkan penurunan nafsu makan.

Golongan obat ini selain digunakan untuk menurunkan tekanan darah, juga digunakan pada payah jantung dan gangguan irama jantung. Pada tahunWHO mengajukan klasifikasi BB berlebih dan obesitas pada orang dewasa untuk populasi orang Barat, sebagai berikut: Kerja melanocyte-stimulating hormone MSH juga diperlukan untuk memberikan respons terhadap leptin.

NPY juga merangsang simpanan dan sintesis lemak melalui rangsangan terhadap enzim lipoprotein lipase didalam jaringan adiposa.

Resistensi perifer tidak ditentukan oleh pembuluh darah arteri besar namun ditentukan oleh arteriol yang terdiri dari sel otot polos. Obesitas ditandai dengan peningkatan jaringan adiposa subkutan.

Pengertian Patofisiologi Beserta Contohnya

Insulin juga mempengaruhi terjadinya gangguan pelepasan nitrit oksida. Sunday, January 18, Patofisiologi Hipertensi Hipertensi pada anak umumnya disebabkan oleh penyakit ginjal hipertensi sekunder. Hansen ML. Reseptor leptin ditemukan dalam beberapa bentuk.

Morbid obesity memperberat beban pada sendi-sendi. Gejala adalah subjektif dan hanya dapat dilaporkan oleh penderita kepada pengamat. Gejala bila ada menunjukan adanya kerusakan vaskuler, dengan manifestasi yang khas sesuai sistem organ yang divaskularisasi oleh pembuluh darah bersangkutan.

Peranan leptin dalam regulasi jaringan lemak Sumber: Hipertensi derajat I, yaitu jika tekanan diastoliknya mmHg. Patogenesis Patogenesis adalah proses berjangkitnya penyakit dan dimulai dari permulaan terjadinya infeksi sampai dengan timbulnya reaksi akhir.

Acanthosis nigricans menunjukkan beratnya resistensi insulin dan akan berkurang dengan penurunan berat badan. Renin merangsang pembentukan angiotensin I yang kemudian diubah menjadi angiotensin II, suatu vasokonstriktor kuat, yang pada gilirannya merangsang sekresi aldosteron oleh korteks adrenal.

Keadaan ini jelas menyebabkan jalur satu arah, lemak secaran terus menerus disimpan walaupun tidak pernah dilepaskan.

Obstructive Sleep Apnea OSA Obstructive sleep apnea OSA merupakan kelainan pernafasan pada saat tidur, dimana terjadi penurunan aliran udara pada saat bernafas yang akan menyebabkan hipoksemia dan hiperkapnia.

Analisa patogenesis semacam itu akan mengaitkan ploliferasi dan penyebaran basil-basil tuberculosis dengan respon peradangan yang timbul, dengan pertahanan imunologis dari tubuh dan dengan pengerusakan sel-sel dan jaringan-jaringan yang sebenarnya.

Related Papers. Leptin juga bekerja pada target penting lainnya yaitu meningkatkan ekspresi gen corticotropin-releasing factor CRF didalam hipothalamus sehingga mengurangi asupan makan.

Hipertensi derajat III, yaitu jika tekanan diastoliknya lebih dari mmHg. J Pediatr Gastroenterol Nutr. Disamping itu banyak studi yang membuktikan bahwa kadar kolesterol total dan kolesterol LDL mengalami peningkatan pada obesitas. Ringkasan Hipertensi merupakan suatu masalah kesehatan penting dan prevalensinya terus meningkat bersama meningkatnya prevalensi obesitas pada anak dan remaja.

Aldosteron meningkatkan tekanan darah melalui reseptor mineralokortikoid yang berlokasi di berbagai jaringan misalnya ginjal dan vaskularisasi.

Patofisiologi Penyakit

Seseorang yang pola makannya tidak terkontrol dan mengakibatkan kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, merupakan pencetus awal untuk terkena penyakit tekanan darah tinggi. Suatu perubahan struktur yang dapat ditunjukan, yang ditimbulkan dalam perkembangan penyakit disebut lesi.Patofisiologi adalah ilmu yang mempelajari perubahan fisiologis yang diakibatkan oleh proses patologis.

Dimana definisi patologis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan ilmu tentang penyakit atau dalam keadaan sakit/abnormal. Patofisiologi penyakit-penyakit tersebut mungkin merupakan kombinasi efek toksik asam lemak bebas dan adipokin (beberapa sitokin yang dihasilkan jaringan adiposa) (1).

Definisi yang lengkap dan tepat tentang mekanisme molekular fisiologi pengendalian massa lemak tubuh dan patogenesis obesitas sangat dibutuhkan untuk mendasari penatalaksanaan pencegahan dan terapi obesitas yang rasional Author: Muhammad Rasjad Indra.

Patofisiologi merupakan gabungan dari kata fisiologi dan patologi. Definisi fisiologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah cabang biologi yg berkaitan dng fungsi dan kegiatan kehidupan atau zat hidup (organ, jaringan, atau sel).

konsep dasar patofisiologi keperawatan by ingritfury in Types > School Work and konsep dasar patofisiologi keperawatan. PATOFISIOLOGI Ilmu yang mempelajari gangguan fungsi pada organisme yang sakit meliputi asal penyakit, permulaan perjalanan dan akibat Merupakan ilmu yang bersifat integratif yang menggambarkan konsep-konsep dari banyak ilmu dasar dan klinis, termasuk anatomi, fisiologi, biokimia, biologi sel dan molekuler, genetika, farmakologi dan patologi.

PATOFISIOLOGI OBESITAS Secara umum obesitas dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan kalori, yangdiakibatkan asupan energy yang jauh melebihi kebutuhan tubuh.

Peta konsep patogenesis dan patofisiologi obesitas
Rated 0/5 based on 94 review